Pelayanan Buruk di Puskesmas Kampung Baru, Kepala Puskesmas Keluhkan Minim Tenaga Medis

Administrator - Kamis, 31 Juli 2025 13:10 WIB
Reza
Suasana pelayanan di Puskesmas Kampung Baru.

POSMETRO MEDAN,Medan – Kepala Puskesmas Kampung Baru, Medan mengeluhkan kurangnya tenaga medis dan administrasi yang berdampak pada buruknya pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini mencuat saat agenda reses Anggota DPRD Medan, Romie Van Boy di Kelurahan Polonia, dimana warga mengadukan panjangnya antrean dan lambannya pelayanan di puskesmas tersebut.

Saat dikonfirmasi awak media, Kepala Puskesmas Kampung Baru Erwina mengakui bahwa keterbatasan jumlah dokter dan petugas administrasi menjadi penyebab utama buruknya layanan. "Satu pasien bisa memakan waktu 10 hingga 15 menit hanya untuk proses administrasi," ujarnya.

Ia juga menyoroti rendahnya pemanfaatan sistem pendaftaran online melalui aplikasi Mobile JKN oleh masyarakat, yang seharusnya bisa mempercepat alur pelayanan.

Pihak puskesmas menyatakan akan segera melakukan evaluasi dan pembenahan sistem layanan, termasuk mendorong penggunaan layanan digital guna mengurangi antrean dan meningkatkan efisiensi.

Sementara itu, Romie Van Boy mendesak Dinas Kesehatan Kota Medan untuk segera mengambil langkah konkret dalam mengatasi persoalan ini. "Pelayanan kesehatan adalah hak dasar warga. Jangan sampai masyarakat dirugikan karena sistem yang tidak berjalan baik," tegasnya.

(Rez)

Editor
: Indrawan

Tag:

Berita Terkait